Peduli-Kolaka. Kemajuan teknologi yang semakin pesat menjadikan perkerjaan manusia semakin mudah, kemajuan teknologi di ikuti dengan perkembangan gadget telepon pintar yang istilah sekarang dunia dalam genggaman.

Salah satu manfaat dari telepon pintar masa kini adalah kemudahan dalam menjelajah dunia maya atau browsing internet. Nah peduli kolaka kemudian mencoba mengakses situs resmi pemerintah kabupaten kolaka yakni www.kolaka.go.id, dan hasilnya membutuhkan waktu loading halaman lumayan cukup lama dan ukuran hurufnya terlalu kecil sehingga harus di zoom yang menyebabkan isi berita harus di scrool jika dalam keadaan potrait.

Peduli Kolaka kemudian merubah settingan pada handphone (Oppo R7) ke pada posisi layar putar otomatis, isi berita masih dengan ukuran font yang kecil namun masih dapat terbaca tetapi penempatan banner foto Bupati Kolaka menghalangi isi berita sehingga pengunjung yang ingin  membaca berita atau informasi yang disediakan di web resmi pemerintah kabupaten kolaka merasa tidak nyaman sehingga tidak betah dan kemungkinan segera meninggalkan halaman.

Peduli kolaka kemudian melakukan pengujian untuk mengetahui apakah situs resmi milik pemerintah kabupaten kolaka Mobile-Friendly atau tidak dengan mengunakan bantuan webmastertool milik google silahkan buka disini kemudian memasukkan alamat web pemkab kolaka dan hasilnya seperti dibawah ini.

web kolaka tidak mobile friendly
web kolaka tidak mobile friendly


Pengujian terhadap web resmi milik pemerintah kabupaten kolaka selanjutnya dilakukan pada laptop merk Asus kemuian menggunakan browser Google Chrome dan tampilan halaman dapat terbaca dengan baik, dan ketika web browser di perkecil maka tampilannya seperti ini.
web resmi kolaka
web resmi kolaka


Semoga bagian yang menangani situs resmi pemkab kolaka dapat memahami hal ini dan kami berharap semoga artikel ini tidak dianggap sebagai suara yang bernada protes, akan tetapi karena kecintaan kami kepada bumi mekongga ini dan bersama-sama membangun kolaka kyang lebih baik, walaupun hanya dengan kekuatan artikel kami. Salam damai selalu.

3 Komentar

  1. maslah mobile friendly bukan hak publik untuk menilai suatu web site tapi hak dari pada komisi informasi, data yang ada minimal mengacuh ke peraturan komisi informasi tetang badan publik

    BalasHapus
  2. erima Kasih Gan...artikel tersebut di atas hanyalah sebagai bahan masukan kepada pengelola web resmi kabupaten kami, karena saya melihatnya dari sisi pengguna...jika ada hal yang harus di perbaiki untuk kemajuan kabupaten kami...jika pengelola web resmi tersebut tidak merespon itu HAK mereka, kalau mereka menanggapinya Alhamdulillah...simple kan...

    BalasHapus
  3. Mungkin website udah expire cappo

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama