Peduli Kolaka. Lebih dalam menjelejahi kecamatan polinggona ternyata tidak hanya membutuhkan infrastruktur jalan yang baik tetapi juga daerah ini belum sepenuhnya menikmati kemudahan akan akses telekomunikasi dan informasi.

pembuat tahu polinggona
pembuat tahu polinggona

Untuk melakukan panggilan atau menerima telepon sangat sulit hanya daerah tertentu saja yang bisa mendapatkan sinyal telekomunikasi.

Tidak ketinggalan untuk urusan perut pun ternyata juga harus penuh dengan perjuangan, betapa tidak untuk merasakan ikan segar saja harus menunggu hari pasar buka, selainnya harus menunggu penjual ikan yang biasanya di bawa menggunakan motor atau pergi ke kecamatan watubangga untuk membeli ikan segar. Namun sejak jalan rusak warga menjadi enggan untuk keluar lebih jauh.

Salah satu pilihan warga adalah tahu, akhirnya kami pun di tunjukkan oleh warga dimana kami dapat membeli tahu yang segar maka segera kami menuju tempat yang dimaksud.

Tidak lama berselang kami pun menemukan sebuah rumah yang di gunakan untuk pembuatan tahu, nampak seorang warga yang keluar dari rumah itu membawa sekantong tahu maka kami pun bertambah yakin bahwa memang inilah tempatnya.

Suara mesin diesel menderu dari dalam ruangan pembuatan tahu, dan terdapat sebuah tungku yang besar dengan bahan bakar kayu yang sedang menyala, seorang wanita cantik dengan celemek di depannya terlihat sedang memindahkan tahu dari cetakannya dan mengirisnya dalam bentuk kotak, gerakannya sangat cekatan menandakan bahwa ia paham betul dengan apa yang sedang ia kerjakan.

1 2

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama