Peduli Kolaka. Sebelum melanjutkan membaca artikel ini, coba cek di dapur anda, MINYAK GORENG JENIS APA YANG ANDA GUNAKAN SEHARI-HARI ? 


Pohon Kelapa Kita
Pohon Kelapa Kita
Jika minyak goreng yang anda gunakan berupa minyak goreng yang sudah dalam bentuk kemasan, maka anda sama dengan pengguna minyak goreng pada umumnya saat ini apalagi kalau yang di gunakan adalah minyak goreng hasil pengolahan dari kelapa sawit.

Kita semua tahu bersama bahwa dulu sebelum maraknya minyak goreng kelapa sawit beredar di pasaran, kita masih menggunakan minyak kelapa dan bahkan diantara pembaca peduli kolaka ini tahu cara pembuatannya.

Lalu kenapa kita secara perlahan-lahan beralih kepada minyak kelapa sawit, itu semua di karenakan kita hanya mengedepankan sesuatu yang praktis di tambah lagi dengan serangan iklan yang anda lihat melalui media massa sehingga merobah pola pikir kita.

Masih ingat jaman dulu ketika tanaman kelapa, kopra dan minyak kelapa masih jadi rajanya ?

Lalu tiba-tiba menghilang dan digantikan dengan minyak sawit. Dulu minyak kelapa diisukan tidak sehat dan sebagai gantinya kita "dipaksa" mengkonsumsi minyak sawit yang "lebih sehat", dengan 2x, 3x, atau 4x penyaringan, dengan tambahan vitamin A, beta karoten dll didalamnya ?

Pastinya kita telah tertipu, sawit memang lebih produktif dan menghasilkan minyak lebih banyak, namun secara kualitas, minyak kelapa jauh lebih baik.

Minyak kelapa tidak perlu 4x penyaringan dan tidak perlu menambahkan nutrisi kedalamnya. Toh kita mendapatkannya dari makanan yang lain.

Memang secara visual kadang minyak kelapa terlihat kurang menarik. Biasanya minyak kelapa akan menjadi padat (istilahnya tidur) pada temperatur dingin. Masih ingat kan, kalau dulu minyak kelapa suka menggumpal berwarna putih kalau disimpan di tempat dingin? Jangan khawatir, karena tidak ada pengaruhnya dengan tidak sehatnya.

Kita bersyukur bahwa di kabupaten kolaka ini masih banyak tumbuh pohon kelapa namun kini lambat laun hampir terlupakan bahwa tumbuhan yang satu ini mempunyai banyak manfaat salah satunya adalah buah kelapanya dapat di jadikan minyak.

Coba kita simak data berikut ini mengenai kandungan minyak kelapa yang kami kutip dari situs kaskus.

Nutrition Facts
Oil, coconut
Amount Per 100 grams
Calories 862
% Daily Value*
Total fat 100 g 153%
Saturated fat 86 g 430%
Polyunsaturated fat 1.8 g
Monounsaturated fat 6 g
Cholesterol 0 mg 0%
Sodium 0 mg 0%
Calcium 0% Iron 0%
*Per cent Daily Values are based on a 2,000 calorie diet. Your daily values may be higher or lower depending on your calorie needs.

Saturated fat minyak kelapa terlihat cukup tinggi dan inilah yang di gunakan oleh perusahaan minyak kelapa sawit sebagai senjata untuk mengatakan bahwa minyak kelapa tidak sehat.

Tapi tunggu dulu, saturated fat dari tanaman adalah berbeda dibandingkan dari hewan.

Saturated fat dari minyak kelapa mudah dicerna oleh tubuh dan segera digunakan sebagai energi daripada disimpan oleh tubuh.

Minyak kelapa yang kini di kenal dengan VCO (Virgin Coconut Oil).  Digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia untuk bermacam keperluan dari memasak hingga menjaga kesehatan kulit.


Mau tahu MANFAAT VCO Baca ki disini MANFAAT VCO

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama