Peduli Kolaka. Sampah lagi...sampah lagi...ya persoalan yang satu ini tidak akan pernah habis, namun kami berkunjung ke kelurahan silea kecamatan wundulako kabupaten kolaka dimana sampah di kelola dengan baik bahkan bisa mendatangkan rejeki bagi warganya dengan membuat BANK SAMPAH.

Timbang Sampah
Timbang Sampah
BANK SAMPAH yang ada di kelurahan silea pertama kali digagas oleh dua orang muda yang ada di kelurahan tersebut yakni Aswik paottongi ,SE kasi kesos dan pelayanan umum kelurahan silea dan Bhabinkamtibmas mereka Bripka Jamal.P, SH dengan menampung sampah kering organik kertas kardus plastik dan besi dikumpul kemudian tiap minggu ditimbang dibank sampah.

"kita berikan buku rekening kepada nasabah bank dengan mencatat jumlah berat dan harga di buku rekeningnya" tutur Bripka Jamal.

Sementara itu Aswik Paottongi ,SE menambahkan bahwa setelah sampah tertampung kita hubungi pengepul untuk menjemput sampah yg kami tampung dan uangnya kami serahkan kepada nasabah bank sampah.

Angkut Sampah
Angkut Sampah
"Kalau harga plastik dan besi 1.000 perkilo, untuk kertas atau kardus 700 perkilo pembayarannya tiap penimbangan tapi ada juga nasabah menyimpan uangnya nanti pada penimbangan berikutnya baru diambil" ucapnya.

BANK SAMPAH mulai sarana dan modal awalnya dari kelurahan termasuk pembangunan tempat bank sampah, kedua orang pencetus BANK SAMPAH itu pun tetap menyisihkan sebagian dari penghasilan mereka demi terlaksananya BANK SAMPAH tersebut.

Aparat Kelurahan Silea
Aparat Kelurahan Silea
Kini masalah sampah di kelurahan silea dapat teratasi bahkan masyarakat pun mendapatkan manfaat dari sampah mereka sendiri.

Semoga Desa dan Kelurahan lain dapat mencontoh BANK SAMPAH yang ada di kelurahan silea ini, sehingga persoalan sampah yang ada di kabupaten kolaka dapat kita atasi bersama.

Ayo Belajar Manajemen Sampah Ke Kelurahan Silea
Ayo Belajar Manajemen Sampah Ke Kelurahan Silea
Ayo Belajar Manajemen Sampah Di Kelurahan Silea, untuk informasi lebih lanjut silahkan menghubungi nomor berikut :

1. Aswik Paottongi ,SE - 081242912995
2. Bripka Jamal.P, SH 085242076088 

Visit : Web Kelurahan Silea

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama